Monday 4 April 2016

Alat-alat yang sering di pakai industri pertukangan kayu

Dalam industri pertukangan kayu, keberadaan alat-alat pertukangan yang memadai sangatlah penting. Sebab, peralatan yang memadai akan sangat berpengaruh terhadap efisiensi pengerjaan atau proses produksi.

Berikut adalah jenis-jenis alat standar dalam pertukangan kayu yang mutlak harus ada dalam perindustrian pertukangan :

1. Bandsaw : alat ini sangat penting jika kayu yang anda gunakan dalam perindustrian masih berupa gelondongan atau kayu log. Kenapa? karena alat ini berupa gergaji serkel dengan ukuran besar sehingga dapat membelah kayu gelondongan atau kayu log secara cepat.


 2. Gergaji Jigsaw : mesin gergaji yang pergerakan mata gergajinya naik turun, dan biasa digunakan untuk memotong kayu, terutama untuk membentuk potongan yang berlekuk-lekuk. Karena mata pisau-nya tipis mesin potong ini kurang cocok untuk memotong papan tebal karena akan menghasilkan potongan yang kurang rata.






3. Gergaji Circular : gergaji mesin yang memotong bahan dengan cara memutar mata gergaji berbentuk piringan bulat. Mata gergaji dapat berupa piringan besi yang memiliki gigi potong ataupun piringan yang bersifat abrasif.







4. Mesin serut atau mesin plener : fungsi dari alat ini adalah untuk meratakan bidang kayu yang akan dipakai atau menghaluskan kayu dari sisa-sisa kulit kayu yang masih menempel saat pemotongan. Mesin serut ini ada 2 jenis, yaitu mesin serut/plener meja dan mesin serut/plener tangan.genggam.
  • Mesin serut/plener meja lebih cocok digunakan untuk meratakan bidang kayu yang lebar seperti pintu, lemari, meja, dll.
  • Mesin serut/plener sangat fleksibel, bisa digunakan untuk meratakan bidang kayu yang lebar ataupun bagian-bagian yang sulit terjangkau. Tetapi, biasanya digunakan untuk meratakan/menghaluskan sambungan antar komponen kayu.
5. Mesin Profil : mesin ini sering digunakan untuk pembuatan variasi profilan pada kayu.


6. Mesin Bor : berfungsi untuk mengebor kayu.

Dan alat-alat pendukung lainnya adalah

1. Palu : berfungsi sebagai alat dorong bahan pelengkap lainnya seperti untuk menancapkan paku pada kayu.

2. Tata atau pahat : alat ini memiliki banyak kegunaan. Alat ini juga bisa digunakan untuk membuat lubang purusan pada kayu.


3. Obeng : alat ini berfungsi untuk memasang sekrup pada kayu.


4. Siku : alat ini berfungsi untuk mengetahui tingkat kesikuan barang pada saat dikerjakan.


5. Jidar atau mistar : biasanya, alat ini digunakan untuk membuat garis lurus pada kayu agar ketika kayu tersebut digergaji, hasilnya bisa benar-benar lurus.


6. Pensil : biasa digunakan untuk membuat mal atau bentuk komponen untuk barang yang akan dibuat.



No comments:

Post a Comment